Kopling
Kopling merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang terletak diantara motor (engine) dan trensmisi, Memiliki fungsi untuk memutuskan dan menghubungkan tenaga atau putaran dari engine ke transmisi.
Syarat sebuah koling harus:
1. mampu menghubungkan transmisi dengan engine secara lembut
2. pada saat menghubungkan ke transmisi harus dapat memindahkan tenaga tanpa terjadi slip
3. mampu membebaskan hubungan dari transimisi dengan sempurna dan cepat
Macam-macam tipe penuutup kopling
Kopling Pegas Koil
Kopling Pegas Diafragma
Macam-macam mekanisme penggerak kopling
Kopling Mekanis
Pengoperasian unit kopling sistem mekanik menggunakan kabel baja yang menghubungkan pedal kopling dengan tuas pembebas kopling. Saat pedal kopling diinjak, menarik kabel kopling yang diteruskan dengan menggerakan tuas pembebas ke arah maju menekan pegas kopling, sehingga plat kopling bebas tidak terjepit oleh plat tekan.
Kopling Hidrolis
Pengoperasian kopling sistem hidrolis ini memanfaatkan tekanan hidrolis minyak. Pedal kopling berfungsi untuk menekan minyak yang ada pada master silinder dan disalurkan kesilinder kopling. Tekanan minyak mendorong tuas pembebas dan bantalan tekan menekan pegas diafragma. Proses ini menyebabkan kopling memutuskan hubungan mesin dengan sistem pemindah tenaga.
0 komentar
Posting Komentar